Posted on 16.05

TAHAP TAHAP PENGOLAHAN INFORMASI ( Information Processing )

Menurut William McGuire terdapat lima tahapan,nah biar lebih jelas kita liat langsung aja bagannya :
William
Hemm berdasarkan bagan tersebut terdapat lima tahapan pengolahan informasi saya akan menjelaskan masing – masing bagian dari pengolahan informasi.
Bagian bagan pertama ialah pemaparan,apa sih itu pemaparan ?pemaparan ialah kegiatan yang dilakukan pemasar untuk menyampaikan stimulus kepada konsumen. Beberapa konsep yang penting dalam tahap pemaparan adalah :
1.Sensasi
2.Ambang absolute
3.Ambang berbeda
Sensasi adalah situasi dimana konsumen merasakan stimulus pada salah satu panca indranya. Sensasi ini juga dipengaruhi oleh ambang absolute dan perbedaan ambang… nah loh apa lagi itu ambang absolute ? ambang absolute adalah jumlah minimum intensitas atau energi yang diperlukan oleh seseorang agar ia merasakan sensasi. Sedangkan ambang berbeda ialah batas perbedaan terkecil yang dapat dirasakan antara dua stimulus yang mirip .
Bagian kedua dari bagan proses pengolahan informasi Willian McGuire adalah perhatian. perhatian itu sendiri akan dipengaruhi oleh faktor pribadi dan faktor stimulus , dimana faktor pribadi meliputin motivasi,kebutuhan,dan lain -lain. Sedangkan faktor stimulus meliputi ukuran stimulus, warna, intensitas, kontras, posissi, petunjuk, gerakan, kebauran, isolasi, stimulus yang disengaja, pemberi pesan yang menarik, dan perubahan gambar yang cepat.
Bagian ketiga ialah pemahaman. Dimana pemahaman ialah usaha konsumen untuk mengartikan atau menginterpretasikan stimulus. Pada saat konsumen konsumen mengartikan atau menginterpretasikan stimulus,konsumen cenderung untuk melakukan pengelompokan sehingga memandang stimulus sebagai satu kesatuan (perceptual organization atau stimulus organization). dalam perceptual organization sendiri terdapat tiga faktor yaitu figure and ground, grouping, dan closure.
Bagian ke empat yaitu penerimaan. pada bagian penerimaan dalam kontek pemasaran ini,persepsi konsumen bisa berupa persepsi produk, persepsi merek, persepsi pelayanan, persepsi harga, persepsi kualitas produk, persepsi took, atau persepsi terhadap produsen. Dalam penerimaan tadi terdapat kata persepsi..
hemm sebenernya apa sih itu persepsi ?
Persepsi ialah Penafsiran seseorang,dimana di mengorganisasi pengetahuannya. Agar lebih jelas, mari kita lihat proses dari persepsi konsumen itu sendiri di gambar di bawah ini :
Proses persepsi
bagian kelima dari bagan itu adalah retensi . Retensi ialah sebuah proses dimana konsumen memindahkan informasi,yang berupa interpretasi konsumen, ke memori jangka panjang. Terdapat tiga macam memori konsumen, yaitu, memori sensori, memori jangka pendek, dan memori jangka panjang. Proses penyimpanan informasi di memori jangka panjang sendirimelibatkan dua kegiatan penting yang dilakukan konsumen, yaitu rehersal dan encoding. Rehersal adalah kegiatan mental konsumen untuk mengingat-ingat yang diterimanya dan menghubungkannya dengan informasi lain yang sudah tersimpan di memorinya.Sedangkan encoding adalah proses untuk menyeleksi sebuah kata atau gambar untuk menyatakan suatau persepsi terhadap sebuah objek.


Summarize by : Agung Wiguna Johan (majoring in science of computer faculty of mathematics and natural sciences)
Based on Ujang Sumarwan.2003.Perilaku Konsumen (Consumer Behavior : Theory and application in marketing)
http://agungwigunajohan.wordpress.com/2011/03/25/pengolahan-informasi/
http://www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id Read More

0 Responses to TAHAP TAHAP PENGOLAHAN INFORMASI ( Information Processing )

Posting Komentar